Nama             :
Yohanes Rudi
Nim                :
211000029
Kelas/Smtr   : C Pagi/V (Lima)
MK                 :
Evaluasi Pendidikan
Dosen             :
Suherdiyanto, S.Pd. M.Pd
RENCANA
PELAKSAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah                 :     SMPN 1 Nanga Pinoh  
Mata
Pelajaran                :     Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester                :     VII/satu
Standar
Kompetensi       :     1.   Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma
yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Kompetensi
Dasar           :     1.1 Mendeskripsikan hakikat
norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat.
Alokasi
Waktu                 :    6 x 40 menit ( 3 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan
dapat :
ü 
menjelaskan
pengertian norma, kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan; Secara Rasa hormat dan perhatian ( respect ) ,Tekun ( diligence
) Serta  Jujur ( fairnes )
ü  menjelaskan
tujuan norma;
ü  menjelaskan
pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;
ü  menguraikan
macam-macam norma.
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
) 
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B.
Materi Pembelajaran
ü   
Pengertian
norma, kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan.
Dalam
kehidupan sehari-hari, setiap orang atau individu senantiasa melakukan
interaksi dengan individu atau kelompok lainnya. Jadi setiap manusia, baik
sebagai individu atau anggota masyarakat selalu membutuhkan bantuan orang
lain. Dalam interaksi sosial tersebut, setiap individu bertindak sesuai dengan
kedudukan, status sosial, dan peran yang mereka masing-masing. Tindakan
manusia dalam interaksi sosial itu senantiasa didasari oleh nilai dan norma yang
berlaku di masyarakat.
ü    Macam-macam
norma.
Macam
Norma - Norma Sopan Santun, Agama & Hukum - Kebiasaan Yang Berlaku dalam
Kehidupan Sehari-Hari 
Berikut di bawah ini adalah beberapa norma yang berlaku
dalam kehidupan masyarakat di Indonesia. Norma memiliki fungsi sebagai pedoman
dan pengatur dasar kehidupan seseorang dalam bermasyarakat untuk mewujudkan
kehidupan antara manusia yang aman, tentram dan sejahtera.
1.      Norma Sopan Santun
Norma sopan santun adalah norma yang mengatur tata
pergaulan sesama manusia di dalam masyarakat.
Contoh ;
2.       Norma Agama
Norma agama
adalah norma yang mengatur kehidupan manusia yang berasal dari peraturan kitab
suci melalui wahyu yang diturunkan nabi berdasarkan atas agama atau
kepercayaannya masing-masing. Agama adalah sesuatu hal yang pribadi yang tidak
dapat dipaksakan yang tercantum dalam undang-undang dasar '45 pasal 29.
Contoh :
3.      Norma Hukum
Norma hukum adalah norma yang mengatur kehidupan sosial
kemasyarakatan yang berasal dari kitab undang-undang hukum yang berlaku di
negara kesatuan republik indonesia untuk menciptakan kondisi negara yang damai,
tertib, aman, sejahtera, makmur dan sebagainya.
Contoh :
C.
Metode
Ceramah
dengan variasi tanya jawab, analisis, penugasan, dan diskusi kelas.
D.
 Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
      1.
Pertemuan I 
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
      Mempersiapkan
kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan, kelas, dan lain-lain)
      b.   Memotivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
c.  
Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan
Inti
1).
Eksplorasi
ü  Guru menjelaskan pengertian norma, kebiasaan, adat istiadat, dan
peraturan. Secara Dapat
dipercaya (Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence),
Jujur (fairnes) 
ü 
Mengadakan
kajian referensi tentang norma-norma kebiasaan dan adat istiadat di masyarakat Secara Dapat dipercaya
(Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun
(diligence), Jujur (fairnes) Serta Kewarganegaraan ( citizenship)
2).  Elaborasi 
ü  Membagi siswa dalam kelompok.
ü  Meminta siswa berpresentasi di depan
kelas.
ü  Meminta tanggapan dari kelompok lain.
3)
Konfirmasi 
ü 
Guru
mengklarifikasi tentang hakikat norma dalam masyarakat. 
      Penutup
a.       Mengadakan
post test.
b.      Guru
memberi tugas rumah kepada siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan
materi selanjutnya.
      2.
Pertemuan II
      Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
      Mempersiapkan
kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
      b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar
siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya.
       c.  Memberikan
informasi tentang kompetensi yang  akan
dicapai.
      Kegiatan Inti
1).
Eksplorasi
ü 
Guru menjelaskan tujuan norma.
2).  Elaborasi 
ü  Melakukan kajian referensi dan
mendiskusikan tentang macam-macam norma dan sanksinya.
ü  Meminta siswa berpresentasi di depan
kelas.
ü  Meminta tanggapan dari kelompok lain.
3)
Konfirmasi 
ü 
Guru
mengklarifikasi tentang macam-macam norma dan sanksinya.
Penutup
a. Mengadakan post test.
a. Mengadakan post test.
Memberi tugas berupa pengamatan terhadap
penerapan norma di sekolah untuk dipresentasikan pada minggu berikutnya.
      3.
Pertemuan III
      Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
      Mempersiapkan
kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
      b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar
siswa dengan memberikan  pertanyaan
tentang tugas yang diberikan.
       c.  Memberikan
informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
      Kegiatan 
Inti
1).
Eksplorasi
ü  Guru menjelaskan pengertian norma dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;menguraikan macam-macam norma.
2).  Elaborasi 
ü  Mengatur kelompok diskusi.
ü  Meminta siswa mempresentasikan hasil
pengamatan penerapan norma di sekolah.
3)
Konfirmasi 
ü 
Guru
mengklarifikasi dan menyimpulkan pentingnya penerapan norma.
     Penutup
a.  
Mengadakan post test
            Memberi
tugas rumah untuk mempersiapkan materi berikutnya
E.
Alat/Sumber Pembelajaran
- Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII 
 - Artikel/berita di media massa
 
F.
Penilaian 
       Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran      
Indikator pencapaian 
 | 
  
Teknik 
 penilaian 
 | 
  
Bentuk Instrumen 
 | 
  
Instrumen 
 | 
 
· Menjelaskan
  pengertian norma, kebiasaan dan adat istiadat.  
· Menjelaskan
  manfaat norma 
· Menjelaskan
  pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat 
· Menjelaskan  macam-macam norma 
· Menjelaskan
  sumber-sumber norma masyarakat. 
· Menjelaskan
  sanksi pelanggaran norma  
 | 
  
Tes tertulis 
Tes tertulis 
 | 
  
Pilihan Ganda 
Uraian  
 | 
  
Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang tepat!   
1.     
  Pengertian norma adalah .... 
a.      
  aturan-aturan hukum yang
  berlaku     dalam kehidupan
  bermasyarakat,     berbangsa dan
  bernegara 
b.     
  ketentuan hukum yang tertulis
  secara sistematis dan dibuat oleh pihak yang berwenang 
c.      
  kebiasaan-kebiasaan yang berlaku
  dalam masyarakat dan berjalan sebagai aturan hidup. 
d.     
  Kaidah-kaidah atau
  ketentuan-    ketentuan yang dijadikan
  peraturan    hidup sehingga
  mempengaruhi     tingkah laku dalam
  masyarakat 
2.     
  Jelaskan Pengertian
  Kebiasaan......... 
a.      
  Suatu pekerjaan yang dikerjakan
  secara berulang-ulang 
b.     
  Perbuatan yang dilakukan secara
  berulang-ulang dalam bentuk yang sama dan menganggapnya penting 
c.      
  Aturan yang dilakukan secara
  terus menerus 
d.     
  Perilaku masyarakat secara keseluruhan
  dalam sebuah aturan 
3.     
  Aturan atau ketentuan yang
  mengikat warga kelompok dalam masyarakat dipakai sebagai pedoman, tatanan,
  dan pengendali tingkah laku sesuai dan diterima, disebut dalam...... 
a.      
  UUD 
b.     
  Hukum 
c.      
  Adat-Istiadat 
d.     
  Norma atau kaidah 
4.     
  Setiap hari kita melaksanakan
  norma-norma yang ada dan berlaku di masyarakat. Norma agama bersifat...... 
a.      
  Abadai dan Universal 
b.     
  Memaksa 
c.      
  Fleksibel 
d.     
  Relatif 
5.     
  Aturan yang datang atau
  bersumber dari hati nurani manusia tentang baik dan buruknya suatu perbuatan
  disebut.... 
a.      
  Norma kesopanan 
b.     
  Norma kesusilaan 
c.      
  Norma hukum 
d.     
  Norma agama 
6.     
  Orang yang patuh terhadap adanya
  norma atau kaidah biasanya dalam aktivitas sehari-hari...... 
a.      
  Bertindak positif 
b.     
  Bertindak negatif 
c.      
  Bertindak ceroboh 
d.     
  Bertindak sesuai keinginannya 
7.     
  Perbuatan mencuri itu melanggar
  norma agama sekaligus melanggar norma hukum. Sanksi bagi pelanggar norma
  hukum, yaitu..... 
a.      
  Disiksa 
b.     
  Diasingkan 
c.      
  Dipidana 
d.     
  Dimasukan ke neraka 
8.     
  Disebut sebagai norma hukum
  karena keberadaan diakui oleh masyarakat sebagai ketentuan yang sah dan ada
  penegak hukum yang memberikan sanksi. Tujuan utama norma hukum adalah...... 
a.      
  Menciptakan suasana aman dan
  tentram dalam masyarakat 
b.     
  Membuat suasana ramai 
c.      
  Menciptakan masyarakat yang
  damai 
d.     
  Mebuat masyarakat takut kepada
  aparat 
9.     
  Yang dimaksud dengan sanksi bagi
  pelanggaran norma kesusilaan yaitu, tidak tegas....... 
a.      
  Karena akan dihukum 
b.     
  Karena tidak dihukum 
c.      
  Perbuatnya tidak fatal 
d.     
  Karena hanya diri kita yang
  merasakan nya 
10.  
  Manfaat yang didapat jika seseorang patuh  terhadap norma  yang berlaku adalah … 
a.   merasa aman dalam setiap langkah hidupnya 
b.  mendapat penghargaan sebagai pribadi yang baik 
c.   mudah memperoleh segala apa yang diinginkan  
d.  selalu mendapat kesempatan untuk melakukan sesuatu 
11.  Norma yang sanksinya berupa rasa menyesal disebut norma
  .... 
a.    
  kesusilaan 
b.    
  kemasyarakatan 
c.    
  agama 
d.   
  kesopanan 
12. 
  Kelebihan manusia dengan makhluk ciptaan Tuhan
  lainnya adalah manusia dikaruniai …. 
a.    
  bentuk fisik yang sempurna 
b.    
  rasa malu 
c.    
  akal pikiran 
d.   
  hati nurani 
13. 
  Manusia dapat membentuk kelompok
  dan menciptakan pakaian dengan menggunakan …. 
a.      
  nalurinya 
b.     
  daya pikirnya 
c.      
  rasa estetikanya 
d.     
  etika dan khayalannya 
14. 
  Pada hakikatnya, manusia
  mempunyai dua hasrat, yaitu  ingin …. 
a.  
  bahagia dan jaya 
b. 
  dihormati dan terhormat 
c.  
  menjadi satu dengan manusia lain
  dan alam sekitarnya 
d. 
  sempurna dan bahagia 
15. 
  Kaidah hidup yang paling tua
  adalah norma …. 
a.  
  kesusilaan 
b. 
  adat atau kemasyarakatan 
c.  
  agama 
d. 
  hukum 
16. 
  Kaidah atau norma yang jenis
  sanksinya berupa
  pengusiran dari kelompoknya disebut kaidah …. 
a.  
  kesusilaan 
b. 
  adat atau kemasyarakatan 
c.  
  agama 
d. 
  hukum 
17. 
  Di antara kaidah hidup di bawah
  ini, yang
  mempunyai sanksi paling tegas, baik di dunia maupun di akhirat, adalah …. 
a.  
  kesusilaan 
b. 
  adat atau kemasyarakatan 
c.  
  agama 
d. 
  hukum 
18. 
  Tujuan yang paling mendasar
  diciptakannya kaidah atau norma dalam masyarakat adalah untuk mewujudkan …. 
a.  
  kepastian hukum 
b. 
  ketertiban dalam masyarakat 
c.  
  keadilan sosial 
d. 
  kebahagiaan bagi masyarakat 
19. 
  Salah satu ciri norma hukum bila
  dibandingkan dengan norma lainnya adalah dari segi sanksinya, yaitu …. 
a.  
  sudah ditentukan terlebih dahulu 
b. 
  tegas dan keras 
c.  
  tidak memandang siapa yang
  bersalah 
d. 
  dibuat oleh lembaga
  kemasyarakatan 
20. 
  Norma mempunyai fungsi yang
  sangat penting dalam masyarakat, yaitu untuk .... 
a.  
  menegakkan keadilan 
b. 
  menegakkan kebenaran 
c.  
  menciptakan ketertiban 
d. 
  mewujudkan kebersamaan 
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat, singkat, dan jelas! 
1.      Pengertian hakikat norma yang berlaku dalam masyarakat
  menurut anda! 
2.      Uraikanlah macam–macam norma yang berlaku dalam
  masyarakat! 
3.      Sebutkan perbedaan norma dilihat dari sumber, kekuatan
  mengikat, dan jenis sanksi yang diberikan kepada pelanggarnya! 
4.      Berikan contoh perbuatan yang menjunjung tinggi norma
  yang berlaku di masyarakat! 
5.     
  Jelaskan  macam-macam norma dan sumber-sumber norma
  dalam masyarakat! 
 | 
 
Mengetahui, 
Kepala SMPN
  1 Nanga Pinoh 
(Yohanes Rudi) 
NIP/NIK :
  .............................. 
 | 
  
Pontianak, 01 November 2012 
Guru Mapel PKN 
(Rudy Kebahan Djoha) 
NIP/NIK : .............................. 
 | 
 
Kunci
Jawaban
No. Soal 
 | 
  
Kunci Jawaban 
 | 
  
No. Soal 
 | 
  
Kunci Jawaban 
 | 
  
No. Soal 
 | 
  
Kunci Jawaban 
 | 
  
No. Soal 
 | 
  
Kunci Jawaban 
 | 
 
1 
 | 
  
D 
 | 
  
6 
 | 
  
A 
 | 
  
11 
 | 
  
A 
 | 
  
16 
 | 
  
B 
 | 
 
2 
 | 
  
B 
 | 
  
7 
 | 
  
C 
 | 
  
12 
 | 
  
C 
 | 
  
17 
 | 
  
C 
 | 
 
3 
 | 
  
D 
 | 
  
8 
 | 
  
A 
 | 
  
13 
 | 
  
B 
 | 
  
18 
 | 
  
B 
 | 
 
4 
 | 
  
A 
 | 
  
9 
 | 
  
D 
 | 
  
14 
 | 
  
B 
 | 
  
19 
 | 
  
B 
 | 
 
5 
 | 
  
B 
 | 
  
10 
 | 
  
A 
 | 
  
15 
 | 
  
B 
 | 
  
20 
 | 
  
C 
 | 
 
Jawaba Soal
  Uaraian 
 | 
 |||||||
No. Soal 
 | 
  
Jawaban Soal Uraian 
 | 
 ||||||
1 
 | 
  
Semua kaidah atau peraturan yang mengatur pergaulan hidup
  manusia di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 
 | 
 ||||||
2 
 | 
  
Norma agama bersifat abadi dan universal, Norma
  kesopanan bersifat lokal dan relatif, Norma kesusilaan bersifat relitif,
  Norma Hukum besifat memaksa. 
 | 
 ||||||
3 
 | 
  
ü  Norma Agama mendapatkan sanksi secara
  tidak langsung artinya pelanggar akan menerima sanksi di akhirat
  nanti. 
ü  Norma kesusilaan, Sanksi bagi pelanggar norma ini tidak
  tegas, karena hanya diri sendiri yang merasa bersalah, menyesal,
  malu, dan sebagainya. 
ü  Norma Kesopanan, sanksi bagi pelanggar norma ini tidak
  tegas, tetapi dapat diberikan oleh masyarakat berupa cemoohan,
  celaan, hinaan, atau dikucilkan dan diasingkan di lingkungannya. 
ü  Norma Hukum, Sanksi bagi pelanggar tegas,
  nyata, mengikat, dan bersifat memaksa. 
 | 
 ||||||
4 
 | 
  
Contoh masing-masing 
  norma ; 
a.      
  Norma Agama, misalnya : 
b.     
  Norma Kesusilan, misalnya : 
c.      
  Norma Kesopanan, misalnya : 
d.     
  Norma Hukum, misalnya : 
 | 
 ||||||
5 
 | 
  
Ada empat norma yang berlaku dalam masyarakat, yaitu : 
a.      
  Norma Agama, petunjuk hidup yang berasal
  dari Tuhan Yang Maha Esayang berisikan perintah, larangan, atau
  anjuran-anjuran. 
b.     
  Norma Kesusilaan, aturan yang bersumber dari
  hati nurani manusia tentang baik buruk nya suatu perbuatan. 
c.      
  Norma Kesopanan, Peraturan yang timbul
  akibat pergaulan sekelompok manusia di dalam masyarakat dan sebagai tuntunan
  pergaulan sehari-hari masyarakat tersebut. 
d.     
  Norma Hukum, Pedoman hidup yang dibuat oleh
  lembaga negara di suatu bangsa/masyarakat. 
 | 
 ||||||
Kisi-kisi
Penulisan Soal
Nama
Sekolah           : SMPN 1 Nanga Pinoh
Mata
Pelajaran          : PKn
Kurikulum                 : KTSP
Alokasi
Waktu           : 6
x 40 menit ( 3 x pertemuan)
Jumlah
Soal               : 20 PG dan 6 Uraian
Penulis                        : Yohanes Rudi
No. Urut 
 | 
  
Kompetensi Dasar 
Indikator 
 | 
  
Bahan 
Kelas/Smt. 
 | 
  
Materi 
 | 
  
Indikator Soal 
 | 
  
Bentuk Tes 
 | 
  
No. Soal 
 | 
 
1 
 | 
  
Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat
  istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat. 
 | 
  
VII/1 
 | 
  
Pengertian norma,
  kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan 
 | 
  
Menjelaskan
  pengertian norma, kebiasaan dan adat istiadat 
 | 
  
Pilahan Ganda dan Uraian 
 | 
  
PG (1,2,5),
  Uraian(1) 
 | 
 
2 
 | 
  
Menjelaskan manfaat norma 
 | 
  
PG (6,10,14) 
 | 
 ||||
3 
 | 
  
Menjelaskan
  pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat 
 | 
  
PG (8,12,13,18,20),
  Uraian(4) 
 | 
 ||||
4 
 | 
  
Macam-macam norma 
 | 
  
Menjelaskan  macam-macam norma 
 | 
  
PG (4,15,16),
  Uraian(2) 
 | 
 |||
5 
 | 
  
Menjelaskan sumber-sumber norma
  masyarakat 
 | 
  
PG (3),
  Uraian(5) 
 | 
 ||||
6 
 | 
  
Menjelaskan
  sanksi pelanggaran norma 
 | 
  
PG (7,9,11,17,19),
  Uraian(3) 
 | 
 
Kartu
Soal Bentuk Pilihan Ganda
Nama                          : Yohanes Rudi
Mata
Pelajaran          : PKn
Bahan
Kelas/Smt.      : VII/2 (dua)
Bentuk
Tes                 : Tertulis (Pilihan
Ganda)
Penyusun                   : Yohanes Rudi
Tahun
Ajaran           : 2011/2012
Kompetensi
   Dasar 
Mendeskripsikan
   hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam
   masyarakat 
 | 
   
 
 
 
1.      Pengertian
   norma adalah .... 
a.
   aturan-aturan hukum yang berlaku    
   dalam kehidupan bermasyarakat,    
   berbangsa dan bernegara 
b.
   ketentuan hukum yang tertulis secara sistematis dan dibuat oleh pihak yang
   berwenang 
c.
   kebiasaan-kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat dan berjalan sebagai
   aturan hidup 
d.
   Kaidah-kaidah atau ketentuan-ketentuan yang dijadikan peraturan    hidup sehingga mempengaruhi     tingkah laku dalam masyarakat 
 | 
  ||||||
Materi 
Pengertian norma, kebiasaan, adat istiadat, dan
  peraturan. 
 | 
 |||||||
Indekator Soal 
Menjelaskan
  pengertian norma, kebiasaan dan adat istiadat. 
 | 
 
No. 
 | 
  
Digunakan 
Untuk 
 | 
  
Tanggal 
 | 
  
Jumlah Siswa 
 | 
  
Tingkat
  Kesukaran 
 | 
  
Daya Pembeda 
 | 
  
Proporsi
  Jawaban pada pilihan 
 | 
  
Keterangan 
 | 
 ||||
A 
 | 
  
B 
 | 
  
C 
 | 
  
D 
 | 
  
OMIT 
 | 
 |||||||
Kartu
Soal Bentuk Uraian
Nama                          : Yohanes Rudi
Mata
Pelajaran          : PKn
Bahan
Kelas/Smt.      : VII/2 (dua)
Bentuk
Tes                 : Tertulis (Uraian)
Penyusun                   : Yohanes Rudi
Tahun
Ajaran           : 2011/2012
Kompetensi
   Dasar 
Mendeskripsikan
   hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam
   masyarakat 
 | 
   
 
 
1.     
   Pengertian hakikat norma yang berlaku dalam masyarakat menurut anda! 
 | 
  |||
Materi 
Pengertian norma, kebiasaan, adat istiadat, dan
  peraturan. 
 | 
 ||||
Indekator Soal 
Menjelaskan
  pengertian norma, kebiasaan dan adat istiadat. 
 | 
 
No. 
 | 
  
Digunakan 
Untuk 
 | 
  
Tanggal 
 | 
  
Jumlah Siswa 
 | 
  
Tingkat
  Kesukaran 
 | 
  
Daya Pembeda 
 | 
  
Proporsi
  Jawaban pada aspek 
 | 
  
Keterangan 
 | 
 |||||||
A 
 | 
  
B 
 | 
  
C 
 | 
  
D 
 | 
 |||||||||||
1 
 | 
  
2 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
 |||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar